Oleh: blkpklampok | 7 Juni 2012

Pelatihan Membuat Pupuk Organik

BLK Pertanian Klampok baru saja menyelenggarakan Pelatihan Membuat Pupuk Organik di Desa Widarapayung Wetan, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap. Pelatihan yang diselenggarakan selama 20 hari pelatihan tersebut diikuti oleh 16 orang peserta dari Kelompok Tani Widjaya Organik, kelompok yang sengaja dibentuk untuk memulai membuat dan menyebarluaskan penggunaan pupuk dan pestisida organik di wilayah Desa Widarapayung Wetan.

Dalam pelatihan ini, peserta dilatih membuat pupuk organik bokashi dengan menggunakan EM4, pupuk organik Biotriba, pupuk organik cair, dan membuat pestisida dari bahan-bahan nabati/tanaman yang ada di lingkungan sekitar. Bahan-bahan sisa panen seperti jerami, sekam dan daun-daunan dijadikan bahan baku untuk membuat pupuk organik tersebut. Sedangkan pestisida organik yang dibuat menggunakan daun nimba, daun tembakau, daun sirsak, lengkuas, lada dan bahan-bahan lain yang mudah ditemui.

Peserta cukup antusias dalam mengikuti pelatihan membuat pupuk organik ini. Bahkan beberapa telah mencoba efektifitas pupuk dan pestisida organik tersebut pada tanamannya.

Semoga apa yang telah didapat dari pelatihan yang diselenggarakan BLK Pertanian Klampok ini dapat terus dikembangkan dalam usaha kelompok. Bahkan ditularkan kepada petani lain agar pertanian kita tidak tergantung dari bahan kimia, dan mengurangi kerusakan lingkungan akibat penggunaan bahan kimia berlebih.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: