Oleh: blkpklampok | 3 Januari 2012

Sejarah

Dengan diprakarsai oleh Bapak R. Sugeng Diposumarto pada tahun 1950 di Desa Pasiraman Lor Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas atas ijin Djawatan Penempatan Kerja di Jakarta maka berdirilah Kursus Kader Pertanian Rendah (KKPR) yang memberikan pelatihan bagi calon kader pertanian.  Pada tahun 1951 KKPR berubah namanya menjadi KUP atau Kursus Usaha Pertanian.

Akibat gangguan keamanan oleh DI/TII yang terjadi di Desa Pasiraman Lor, maka keberadaan KUP di Desa Pasiraman Lor tidak bisa dipertahankan lagi dan akhirnya pada bulan Maret tahun 1953 KUP berpindah ke Desa Klampok Kecamatan Purwareja – Klampok Kabupaten  Banjarnegara.

Sehubungan dengan terjadinya perubahan pada Kementrian Perburuhan maka pada tanggal 01 September 1955 yang semula adalah Djawatan Penempatan Kerja dipecah menjadi Djawatan Penempatan Kerja dan Djawatan Latihan Kerja, maka KUP berubah namanyaa menjadi PLKP atau Pusat Latihan Kerja Pertanian dibawah Djawatan Latihan Kerja.

Pada tahun 1961 Kementrian Perburuhan berubah menjadi Departemen Perburuhan demikian juga Djawatan Latihan Kerja berubah menjadi Direktorat Latihan Kerja tetapi PLKP tidak mengalami perubahan.  Sehingga pada tahun 1970 Direktorat Latihan Kerja berubah menjadi Lembaga Pembinaan Tenaga Kerja atau Lembaga Bina Karya dan PLKP mengalami perubahan yang semula berarti Pusat Latihan Kerja Pertanian menjadi Pusat Latihan Kejuruan Pertanian dengan singkatan yang sama yaitu PLKP.

Terjadinya penggabungan Departemen Tenaga Kerja dengan Transmigrasi dan Koperasi pada tahun 1971 dan berdirinya Departemen Transmigrasi dan Koperasi yang berasal dari Direktorat Jenderal Transmigrasi dan Direktorat Jenderal Koperasi pada tahun 1978, demikian juga dengan perubahan dari Lembaga Pembinaan Tenaga Kerja menjadi Pusat Pembinaan Tenaga Kerja atau Pusat Bina Kerja berpengaruh terhadap tata nama Pusat  Latihan Kejuruan Pertanian atau PLKP menjadi Balai Latihan Kerja Pertanian atau BLKP.

Berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor : Kep. 199/MEN/1983, maka Pusat Pembinaan Tenaga Kerja Pertanian atau BLKP berubah menjadi Balai Latihan Kerja atau BLK type A.

Pada tahun 1997 berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor : Kep.  88/MEN/1997 maka terjadi perubahan dari Balai Latihan Kerja atau BLK menjadi Balai Latihan Kerja Khusus Pertanian atau BLKKP type B.

Memasuki Era Otonomi Daerah maka BLKKP Klampok diserahkan kepada Provinsi Jawa Tengah dan berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor : 01 Tahun 2002, maka BLKKP Klampok secara resmi menjadi Unit Pelaksana Teknis Provinsi Jawa Tengah dibawah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dengan nama Balai Latihan Kerja Pertanian (BLKP).

Walaupun terjadi beberapa perubahan tata nama yang semula  UPT Departemen dan kemudian menjadi UPT Provinsi, tetapi tugas BLKP Klampok tetap sama yaitu melaksanakan kegiatan pelatihan baik Institusional maupun Non Institusional (MTU) dibidang pertanian yang sasarannya bagi pencari kerja dan kelompok tani.

Sehubungan adanya potensi daerah khususnya Kabupaten Banjarnegara dengan Keramik antiknya maka masyarakat pengrajin dan pengusaha Keramik di Kecamatan Purwareja Klampok dan Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara ditunjuk menjadi sentra pengrajin Keramik dari pertimbangan ini maka berdasarkan Instruksi Gubernur Jawa Tengah mulai tahun 2004 BLK Pertanian Klampok berkembang dan ditunjuk sebagai pusat Latihan Keramik disamping tetap melaksanakan pelatihan Kejuruan pertanian dalam arti luas.

Selanjutnya berdasarkan Perda Nomor 6 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah maka BLK Pertanian Klampok dalam melaksanakan Tugas dan Fungsinya adalah sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: